Tips Membeli Elco Untuk PSU Amplifier Rakitan Rumahan

Tips Membeli Elco Untuk PSU Amplifier Rakitan Rumahan

elcoAssalamualaikum wr wb
Masih membahas tentang audio rakitan rumahan, setelah kemarin kita sudah membahas cara memilih trafo yang baik untuk amplifier rakitan sekarang saatnya kita lanjut pembahasan berikutnya. Faktor penentu kualitas sebuah amplifier tidak cuma dipengaruhi trafo melainkan komponen lainnya, contohnya saja capasitor elco atau kondesator elektrolit.

Yaps, sekarang kita akan membahas capasitor elco yang pasti digunakan untuk merakit amplifier. Elco sendiri memiliki bentuk tabung, mempunyai dua kutub kaki berpolaritas positif dan negatif, ditandai oleh kaki yang panjang positif sedangkan yang pendek negatif. Bisa juga dilihat dengan garis berwarna hitam pada tabung berpolaritas negatif, dan kaki selanjutnya polaritas positif.

Elco juga memiliki kapasitas dari 0,47 µF (mikroFarad) sampai ribuan mikroFarad dengan voltase kerja dari beberapa volt hingga ribuan volt. Untuk membangun amplifier kita memerlukan elco untuk menyetabilkan tegangan dc, dan elco disini termasuk dalam bagian PSU (power supply unit). Seperti biasanya saya akan membagikan sedikit tips dalam memilih elco, simak ulasannya dibawah ini.

1. Kapasitas Elco
Perlu kita ketahui bahwa nilai kapasitas sebuah elco sangat berpengaruh dalam kinerja amplifier kita, semakin besar maka semakin baik. Tapi jangan berlebihan juga agar tidak buang-buang uang dan tempat dalam penataan box amplifier. Sekarang kita akan berpatokan berapa amper trafo yang sobat gunakan maka nilai kapasitas elco akan mengikuti.

Sebagai contoh sobat menggunakan trafo 5A murni maka kita cukup menggunakan elco dengan kapasitas 10.000uf, jika menggunakan trafo ct maka tinggal dikali dua. Untuk ukuran trafo diatas 5A maka tinggal hitung kelipatannya saja misal 10A berarti butuh duah buah elco dengan nilai 10.000uf.

Ingat sekali lagi jika kita menggunakan trafo ct dengan tegangan simetris maka kita butuh 2 elco untuk arus 5A dan untuk 10A tinggal dikali dua yaitu 4 elco.

2. Tegangan Elco
Selain kapasitas kita juga harus memperhatikan nilai tegangan maksimal yang tertera pada elco, tegangan elco bisa dari 6v sampai ribuan volt tergantung dari penggunaanya. Untuk amplifier biasanya kita menggunakan elco tegangan minimal 80 volt untuk output trafo 32v, kenapa tidak menggunakan yang dibawahnya? Hal ini untuk menghindari kualitas elco yang biasanya jelek, jadi range tegangan diperbesar.

Sebagai contoh kita menggunakan trafo dengan output 32v setelah melewati dioda dan elco tegangan itu akan naik menjadi sekitar 42v. Maka elco yang kita butuhkan juga harus lebih besar dari 42v, karena kalau kurang maka elco tersebut bisa meledak. Untuk pemasangan elco juga tidak boleh terbalik, polaritas negatif untuk tegangan negatif dan sebaliknya. Ingat resiko bila salah pemasangan adalah meledak, jadi kita harus hati-hati dalam pemasangannya.

3. Hindari Elco Palsu
Dipasaran banyak beredar elco untuk amplifier mulai dari merk terbaik sampai yang biasa, dan mulai dari harga murah sampai super mahal. Tapi harga mahal juga tidak menjamin kualitas elco baik, karena saya sering menemui elco yang katanya bagus setelah dicek dan dibuka isinya ada semen, aspal, kerikil, dan masih banyak benda lainnya.

elco palsu

Biasanya yang sering dipalsu adalah elco dengan nilai kapasitas besar contohnya 10.000uf, maka dari itu banyak yang menggunakan elco berkapasitas kecil namun dalam jumlah banyak agar menghindari elco palsu. Tentunya cara ini tidak efektif karena perlu biaya lebih mahal dan penataan yang kurang efisien, tapi bisa dicoba jika ragu membeli elco dengan kapasitas besar.

Itu tadi sedikit tips dari saya untuk memilih elco sebagai PSU amplifier kita, ingat kita wajib meneliti semua rangkaian agar tidak terjadi kesalahan fatal yang mengakibatkan kerusakan maupun melukai diri kita. Karena elco adalah komponen yang berbahaya saat kita tidak tahu cara pemilihan dan pemasangannya dengan benar.

Demikian postingan saya kali ini, memang singkat dan tidak rinci namun paling tidak memberikan garis besar saat kita ingin membeli elco. Untuk postingan selanjutnya saya akan tetap mebahas tentang audio rakitan, karena memang ini hobi saya. Untuk saran silahkan tulis dikolom komentar, terima kasih juga telah menyempatkan waktunya untuk membaca postingan saya.
Wassalamualaikum wr wb

0 Response to "Tips Membeli Elco Untuk PSU Amplifier Rakitan Rumahan"

Posting Komentar