Faktor Penyebab Dengung Pada Audio Rakitan Rumahan

Faktor Penyebab Dengung Pada Audio Rakitan Rumahan

dengungAssalamualaikum wr wb
Bertemu lagi dengan saya diblog ini, semoga tidak bosan dengan berbagai ulasan yang saya berikan. Hari ini kita akan tetap membahas tentang audio rumahan, karena saya merasa banyak faktor yang mempengaruhi dengung tidaknya suatu audio rumahan. Mungkin kalau kita bahas semua, maka satu postingan tidak akan cukup untuk mengulasnya.

Postingan kemarin adalah Mixer Audio Untuk Sound System Rumahan Terbaik

Kali ini kita akan bahas masalah yang paling sering dialami saat merakit audio untuk rumahan, dengung atau hum adalah efek cacatnya suatu output suara audio. Dengung ini bisa terjadi dengan intensitas kecil dan besar, pastinya sangat mengganggu saat kita ingin mendengarkan musik lewat audio kita.

Dengung bisa muncul saat volume amplifier kita kecil dan tidak bertambah saat kita menaikkan volume, namun ada pula yang membesar saat kita menaikkan volume. Pastinya banyak faktor yang mempengaruhi kenapa audio rakitan kita mendengung, saya akan sedikit mengulas hal faktor tersebut dibawah ini.

1. Penataan Komponen Amplifier
Ini adalah faktor yang paling sering terjadi, penataan komponen yang sembarangan akan menyebabkan dengung. Komponen yang menjadi penyebab dengung adalah komponen yang menghasilkan induksi magnet, contohnya trafo dan kipas angin.

amplifier

Sebaiknya kita harus menghindari penataan komponen yang sensitif dengan sinyal audio dan dijauhkan dengan komponen yang menghasilkan induksi magnet. Jadi kita harus lebih teliti lagi dalam menata komponen dalam merakit amplifier.

2. Kualitas Komponen Amplifier dan Aksesoris
Kalau penataan sudah benar tapi masih dengung, mungkin saja kualitas komponen yang sobat gunakan jelek. Sobat harus bisa memilih trafo, kit driver, kit PSU, dan kit aksesoris lainnya dengan kualitas baik.

Memang komponen dengan kualitas baik itu mahal, tapi mengeluarkan tambahan biaya tidak akan rugi jika hasil yang kita inginkan tercapai.

3. Pengkabelan dan Jenis Kabel
Pengkabelan disini memiliki makna yang luas, bisa pengkabelan dalam perakitan amplifier dan aksesoris serta pengkabelan diluar. Untuk pengkabelan dalam perakitan amplifier atau aksesoris harus benar, kalau bisa menggunakan kabel sependek mungkin. Selain itu grounding dalam perakitan harus baik, karena kalau salah akan mengakibatkan hasil yang buruk.

kabel audio

Untuk pengkabelan diluar misalnya dari aksesoris ke amplifier juga harus menggunakan kabel sependek mungkin. Selain itu jenis kabel yang digunakan juga harus kabel untuk audio bukan kabel listrik.

Dalam mencari penyebab dengung bisa sobat telusuri satu persatu, mulai dari amplifier, aksesoris dan kabel sambungan. Sebenarnya masih banyak faktor yang mempengaruhi suatu audio mengalami cacat dengung, tapi tidak bisa saya jelaskan semua. Intinya tiga faktor tadi adalah faktor utama yang menyebabkan audio kita mengalami dengung.

Saya disini juga tidak berbicara secara teori dengan alat ukur, karena memang saya cuma hobi merakit audio rumahan. Mungkin ada sobat disini yang mengerti dan memiliki alat untuk mengukur cacatnya suatu suara, bisa komentar dibawah. Terima kasih sudah membaca postingan saya dan mohon maaf jika penjelasannya sangat singkat dan kurang detail. Wassalamualaikum wr wb

2 Responses to "Faktor Penyebab Dengung Pada Audio Rakitan Rumahan"

  1. Bermanfaat sekali, ampli saya dirumah juga dengung..nanti saya cek dulu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke, terima kasih sudah mampir

      Hapus